MEDIA
PEMBELAJARAN MATEMATIKA
1.Pengertian Media Pembelajaran
Media
pembelajaran adalah alat bantu pembelajaran yang secara sengaja dan terencana
disiapkan atau disediakan guru untuk mempresentasikan atau menjelaskan bahan
pelajaran, serta digunakan siswa untuk dapat terlibat langsung dengan
pembelajaran matematika.
2.
Tujuan, fungsi, manfaat media pembelajaran
A .Tujuan
·
Agar proses belajar mengajar yang sedang
berlangsung dapat berjalan dengan tepat guna dan berguna
·
Untuk mempermudah bagi anak didik dalam menyerap atau menerima
serta memahami materi yang telah disampaikan oelh guru/pendidik.
·
Pengajaran akan lebih menarik perhatian
siswa sehingga dapat menimbulkan motivasi
·
Bahan pelajaran akan lebih jelas maknanya sehingga dapat lebih dipahami
·
Metode mengajar akan lebih bervariasi
B .Fungsi
Ø Dapat
memberikan pemikiran yang abstrak maupun konkrit
Ø Dapat
memberikan pengalaman yang sukar diperoleh dengan cara lain
Ø Mempertinggi
perhatian siswa
Ø Memberikan
kejelasan
Ø Member
rangsangan
Ø Memberikan motivasi belajar
C.Manfaat
v Penyampaian
materi pembelajaran dapat diseragamkan
v Proses
pembelajaran menjadi lebih jelas dan menarik
v Proses
pembelajaran menjadi lebih interaktif
v Efisiensi
dalam waktu dan tenaga
v Meningkatkan
kualitas hasil belajar siswa
3.Jenis Media Pembelajaran
§ Media
grafis seperti gambar, foto, grafik, bagan,diagram, kartun, poster, dan komik.
§ Media
tiga dimensi yaitu media dalam bentuk model padat, contohnya alat peraga bangun
ruang (kubus, balok, dan lain-lain)
§ Media
proyeksi seperti slide, film stips, film,dan OHP.
§ Lingkungan
sebagai media pembalajaran.
4.Karakteristik
media pembelajaran
·
Media grafis karakteristik:
Bersifat kongket, dapat mengatasi
batasan ruang dan waktu, dapat memperjelas suatu masalah dalam bidang masalah
apa saja dan pada tingkat usia berapa saja.
·
Media audio karakteristik:
Mampu mengatasi keterbatasan ruang
dan waktu (mudah dipindahkan dan jangkauannya luas), pesan/program dapat
direkam dan diputar kembali sesukanya, dapat mengembangan daya imajinasi dan
merangsang partisipasi aktif pendengarnya.
·
Media proyeksi karakteristik:
Pesan yang sama dapat disebarkan ke
seluruh siswa secara serentak, penyajiannya berapa dalam control guru, cara
penyimpanannya mudah (praktis), dapat mengatasi keterbatasan ruang, waktu, dan
indera.
·
Media permainan dan simulasi
karakteristik:
Melibatkan pembelajaran secara
aktif dalam proses belajar, peran pengajar tidak begitu kelihatan tetapi yang
menonjol adalah aktivitas interaksi antar pebelajar, dapat memberikan umpan
balik langsung.
5.Klasifikasi
media pembelajaran
ü Media
cetak
ü Media
yang dipamerkan (displayer media)
ü Overhead
transparency
ü Rekaman
suara
ü Slide
suara dan film strip
ü Presentasi
multi gambar
ü Video
dan film
ü Pembelajaran
berbasis computer (computer based learning)
6.Sifat,
kemampuan jangkauan, teknik pemakaian media
A.Sifat media
·
Media auditif
·
Media visual
·
Media audiovisual
B.Kemampuan jangkauan
·
Media yang memiliki daya liput yang luas
dan serentak
·
Media yang mempunyai daya liput yang
terbatas oleh ruang dan waktu
C.Teknik pemakaian
·
Media yang diproyeksikan seperti:
Film, slide, film strip,
transparansi, dan sebagainya jenis media yang demikian memerlukan alat proyeksi
khusus.
7.Contoh
media pembelajaran dalam matematika
Salah satu contoh pembelajaran yaitu media pelajaran
jarring-jaring tabung yang terbuat dari karpet.
1. Bahan-bahan
yang harus dipersiapkan untuk membuat media
pelajaran yang terbuat dari karpet yaitu:
a) Karpet
tipis yang tidak berbulu dengan ukuran 2-3 cm
b) Resleting
c) Gunting
d) Penggaris
e) Jangka
f) Busur
2. Cara
membuat media pembelajaran jaring-jaring tabung yang terbuat dari karpet yaitu:
a) Siapkan
karpet, busur, penggaris dan jangka
b) Gambarlah
dua buah lingkaran pada karpet yang telah disediakan yang masing-masing
lingkaran tersebut mempunyai luas dan jari-jari yang sama, dengan menggunakan
penggaris, busur dan jangka yang telah disediakan.
c) Buatlah
bangun ruang persegi yang masing-masing sisi-sisinya sama dengan luas lingkaran
yang sebelumnya telah dibuat.
d) Kemudian
gambarlah pada karpet.
e) Potonglah
masing-masing bangun ruang tersebut.
f) Tempelkan
resleting temple (perepet) pada titik-titik yang akan disambungkan.
g) Susunlah
masing-masing bangun ruang tersebut agar membentuk tabung.
h) Pastikan
masing-masing bangun ruang tersebut dapat dibuka dan ditutup kembali agar
mempermudah untuk dijadikan sebagai media pembelajaran matematika pada materi
bangun ruang khususnya tabung.
8.Mengapa
dalam pembelajaran matematika membutuhkan media
·
Objek matematika itu abstrak sehingga
memerlukan peragaan
·
Sifat materi matematika tidak mudah
dipahami
·
Hirarki matematika ketat dan kaku
·
Aplikasi matematika kurang nyata
·
Belajar matematika perlu focus
·
Citra pembelajaran matematika kurang
baik
·
Kemampuan kognitif siswa masih konkret
·
Motivasi belajar siswa tidak tinggi
9.Sajian
media pembelajaran matematika
Media pembelajaran matematika dapat disajikan secara
informatif dan matematik.
A. Sajian
Informatif bisa berupa:
·
Peta konsep
·
Diagram data
B. Sajian
Matematik bisa berupa:
·
Algoritma
·
Konstruksi konsep
·
Geometric
·
LKS
10.Syarat
media pembelajaran






KESIMPULAN
Media adalah komponen sumber belajar atau wahana
fisik yang mengandung materi instuksional dilingkungan siswa yang dapat
merangsang siswa untuk belajar.Secara
umum manfaat media pembelajaran adalah memperlancar interaksi antara
guru dengan siswa sehingga kegiatan pembelajaran lebih efektif dan efisien serta
alat bantu mengajar yang turut mempengaruhi iklim, kondisi dan linngkungan
belajar yang ditata dan diciptakan oleh guru.Dengan menggunakan media
pembelajaran maka akan mempermudah
pendidik dalam proses belajar mengajar khususnya mata pelajaran matematika yang
sangat dienggani oleh para peserta didik.
SARAN
Seorang guru harus bisa memanfaatkan media
pembelajaran, dan memperdalam pengetahuan tentang media pembelajaran demi
mendukung tercapainya tujuan yang diinginkan, dan mendapatkan siswa dan siswi
yang berprestasi.
DAFTAR
PUSTAKA
Harjanto.
2006. Perencanaan Pengajaran.
Jakarta:Rineka Cipta
/////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////
materi validitas download disini
Persamaan Diferensial soal-soal dan penyelesaiannya download klik disini
0 Comments