Advertisement

Responsive Advertisement

Media pemelajaran matematika , Validitas dan Persamaan diferensial


MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA
1.Pengertian  Media Pembelajaran
    Media pembelajaran adalah alat bantu pembelajaran yang secara sengaja dan terencana disiapkan atau disediakan guru untuk mempresentasikan atau menjelaskan bahan pelajaran, serta digunakan siswa untuk dapat terlibat langsung dengan pembelajaran matematika.
2. Tujuan, fungsi, manfaat media pembelajaran
A .Tujuan
·         Agar proses belajar mengajar yang sedang berlangsung dapat berjalan dengan tepat guna dan berguna
·         Untuk mempermudah  bagi anak didik dalam menyerap atau menerima serta memahami materi yang telah disampaikan oelh guru/pendidik.
·         Pengajaran akan lebih menarik perhatian siswa sehingga dapat menimbulkan motivasi
·          Bahan pelajaran akan lebih jelas maknanya  sehingga dapat lebih dipahami
·         Metode mengajar akan lebih bervariasi
B .Fungsi
Ø  Dapat memberikan pemikiran yang abstrak maupun konkrit
Ø  Dapat memberikan pengalaman yang sukar diperoleh dengan cara lain
Ø  Mempertinggi perhatian siswa
Ø  Memberikan kejelasan
Ø  Member rangsangan
Ø   Memberikan motivasi belajar
C.Manfaat
v  Penyampaian materi pembelajaran dapat diseragamkan
v  Proses pembelajaran menjadi lebih jelas dan menarik
v  Proses pembelajaran menjadi lebih interaktif
v  Efisiensi dalam waktu dan tenaga
v  Meningkatkan kualitas hasil belajar siswa

 3.Jenis Media  Pembelajaran
§  Media grafis seperti gambar, foto, grafik, bagan,diagram, kartun, poster, dan komik.
§  Media tiga dimensi yaitu media dalam bentuk model padat, contohnya alat peraga bangun ruang (kubus, balok, dan lain-lain)
§  Media proyeksi seperti slide, film stips, film,dan OHP.
§  Lingkungan sebagai media pembalajaran.
4.Karakteristik media pembelajaran
·         Media grafis karakteristik:
Bersifat kongket, dapat mengatasi batasan ruang dan waktu, dapat memperjelas suatu masalah dalam bidang masalah apa saja dan pada tingkat usia berapa saja.
·         Media audio karakteristik:
Mampu mengatasi keterbatasan ruang dan waktu (mudah dipindahkan dan jangkauannya luas), pesan/program dapat direkam dan diputar kembali sesukanya, dapat mengembangan daya imajinasi dan merangsang partisipasi aktif pendengarnya.
·         Media proyeksi karakteristik:
Pesan yang sama dapat disebarkan ke seluruh siswa secara serentak, penyajiannya berapa dalam control guru, cara penyimpanannya mudah (praktis), dapat mengatasi keterbatasan ruang, waktu, dan indera.
·         Media permainan dan simulasi karakteristik:
Melibatkan pembelajaran secara aktif dalam proses belajar, peran pengajar tidak begitu kelihatan tetapi yang menonjol adalah aktivitas interaksi antar pebelajar, dapat memberikan umpan balik langsung.
5.Klasifikasi media pembelajaran
ü  Media cetak
ü  Media yang dipamerkan (displayer media)
ü  Overhead transparency
ü  Rekaman suara
ü  Slide suara dan film strip
ü  Presentasi multi gambar
ü  Video dan film
ü  Pembelajaran berbasis computer (computer based learning)
6.Sifat, kemampuan jangkauan, teknik pemakaian media
A.Sifat media
·         Media auditif
·         Media visual
·         Media audiovisual
B.Kemampuan jangkauan
·         Media yang memiliki daya liput yang luas dan serentak
·         Media yang mempunyai daya liput yang terbatas oleh ruang dan waktu
C.Teknik pemakaian
·         Media yang diproyeksikan seperti:
Film, slide, film strip, transparansi, dan sebagainya jenis media yang demikian memerlukan alat proyeksi khusus.
7.Contoh media pembelajaran dalam matematika
Salah satu contoh pembelajaran yaitu media pelajaran jarring-jaring tabung yang terbuat dari karpet.
1.      Bahan-bahan yang harus dipersiapkan untuk membuat media  pelajaran yang terbuat dari karpet yaitu:
a)      Karpet tipis yang tidak berbulu dengan ukuran 2-3 cm
b)      Resleting
c)      Gunting
d)     Penggaris
e)      Jangka
f)       Busur
2.      Cara membuat media pembelajaran jaring-jaring tabung yang terbuat dari karpet yaitu:
a)      Siapkan karpet, busur, penggaris dan jangka
b)      Gambarlah dua buah lingkaran pada karpet yang telah disediakan yang masing-masing lingkaran tersebut mempunyai luas dan jari-jari yang sama, dengan menggunakan penggaris, busur dan jangka yang telah disediakan.
c)      Buatlah bangun ruang persegi yang masing-masing sisi-sisinya sama dengan luas lingkaran yang sebelumnya telah dibuat.
d)     Kemudian gambarlah pada karpet.
e)      Potonglah masing-masing bangun ruang tersebut.
f)       Tempelkan resleting temple (perepet) pada titik-titik yang akan disambungkan.
g)      Susunlah masing-masing bangun ruang tersebut agar membentuk tabung.
h)      Pastikan masing-masing bangun ruang tersebut dapat dibuka dan ditutup kembali agar mempermudah untuk dijadikan sebagai media pembelajaran matematika pada materi bangun ruang khususnya tabung.

8.Mengapa dalam pembelajaran matematika membutuhkan media
·         Objek matematika itu abstrak sehingga memerlukan peragaan
·         Sifat materi matematika tidak mudah dipahami
·         Hirarki matematika ketat dan kaku
·         Aplikasi matematika kurang nyata
·         Belajar matematika perlu focus
·         Citra pembelajaran matematika kurang baik
·         Kemampuan kognitif siswa masih konkret
·         Motivasi belajar siswa tidak tinggi
9.Sajian media pembelajaran matematika
Media pembelajaran matematika dapat disajikan secara informatif dan matematik.
A.    Sajian Informatif bisa berupa:
·         Peta konsep
·         Diagram data
B.     Sajian Matematik bisa berupa:
·         Algoritma
·         Konstruksi konsep
·         Geometric
·         LKS
10.Syarat media pembelajaran
*      Dapat meragakan konsep
*      Dapat menjelaskan aturan
*      Memudahkan pemahaman
*      Mudah-mudah dibuat
*      Mudah digunakan
*      Fisibel.



KESIMPULAN
Media adalah komponen sumber belajar atau wahana fisik yang mengandung materi instuksional dilingkungan siswa yang dapat merangsang siswa untuk belajar.Secara  umum manfaat media pembelajaran adalah memperlancar interaksi antara guru dengan siswa sehingga kegiatan pembelajaran lebih efektif dan efisien serta alat bantu mengajar yang turut mempengaruhi iklim, kondisi dan linngkungan belajar yang ditata dan diciptakan oleh guru.Dengan menggunakan media pembelajaran  maka akan mempermudah pendidik dalam proses belajar mengajar khususnya mata pelajaran matematika yang sangat dienggani oleh para peserta didik.

SARAN
Seorang guru harus bisa memanfaatkan media pembelajaran, dan memperdalam pengetahuan tentang media pembelajaran demi mendukung tercapainya tujuan yang diinginkan, dan mendapatkan siswa dan siswi yang berprestasi.


DAFTAR PUSTAKA





Harjanto. 2006. Perencanaan Pengajaran. Jakarta:Rineka Cipta

 /////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////

materi  validitas download disini
Persamaan Diferensial soal-soal dan penyelesaiannya  download klik disini



Post a Comment

0 Comments